fbpx
Yang Mesti Kamu Tahu Agar Target Khatam Qur’an Bulan Ramadan Ini Tidak Gagal Lagi

Yang Mesti Kamu Tahu Agar Target Khatam Qur’an Bulan Ramadan Ini Tidak Gagal Lagi

Imam Al-Aswad bin Yazid dulu mengkhatamkan membaca Al-Qur’an setiap enam malam, dan bila Ramadan mengkhatamkan Al-Qur’an setiap dua malam. Imam Said bin Jubair juga mengkhatamkan tilawah Al-Qur’an dalam dua malam ketika Ramadan.

Imam Qatadah as-Sadusi biasa mengkhatamkan tilawah dalam satu pekan dan setiap tiga malam bila Ramadan, dan khusus sepuluh hari terakhir khatam sekali di tiap malam.

Imam Bukhari selama bulan Ramadan mengkhatamkan Al-Qur’an sekali di waktu siang dan setelah tarawih membaca Al-Qur’an dan khatam setiap tiga malam. Imam Asy-Syafi’i biasa khatam Al-Qur’an sebanyak 30 kali setiap bulan dan 60 kali pada bulan Ramadan.

Sungguh luarbisa ya para ulama terdahulu kita. Membaca Al-Qur’an saat Ramadan memang sangat banyak keutamaannya, namun yang perlu disadari, agar efektif membaca Qur’an pas Ramadan, kamu harus mengetahui tehnik-tehniknya.

Khatam 3 Hari Sekali = Sebulan 10 Kali

Untuk bacaan tartil, target ini yang paling tinggi. Inilah yang paling sesuai dengan anjuran baginda Nabi. Kalau untuk murajaah (mengulang) hafalan al-Qur’an, bisa saja 1 hari langsung khatam sekali, atau bahkan 2 kali. Seperti, konon, yang dilakukan Imam Syafi’i.

Target ini cukup berat, memang. Bagi yang ingin mengambil target ini, harus bisa menyelesaikan 10 juz setiap harinya. Kalau hitungan idealnya, setiap sebelum dan sesudah shalat 5 waktu, masing-masing selesaikan 1 juz.

Khatam 10 Hari Sekali = Sebulan 3 Kali

Agak mudah kalau ini. Setiap hari harus tuntas bacaan 3 juz. Bagi 3 juz tersebut di 5 waktu shalat. Insya Allah mudah bagi yang punya azam. Target ini dianggap paling standar selama Ramadan.

Khatam 15 Hari Sekali = Sebulan 2 Kali

Ini target yang bagi sebagian orang “di bawah rata-rata”. Satu hari membaca al-Qur’an 2 juz. Jika lima waktu shalat fardhu jadi patokannya, maka setiap waktu itu tersedia banyak kesempatan untuk menyelesaian target ini. Meski cukup mudah, tapi bagi sebagian orang lain, target ini bisa saja susah dicapai.

Khatam 30 Hari Sekali = Sebulan Sekali

Ini bisa jadi target paling minimal. Satu hari “cuma” khatam 1 juz. Tak bisa dipungkiri, masih banyak Muslim yang baru mampu khatam al-Qur’an sekali sebulan atau lebih sedikit dari itu. Apalagi yang bacaan al-Qur’annya masih terbata-bata atau yang super sibuk atau mungkin yang belum bisa membagi waktu.

Alangkah baiknya, jika mampu, kita ambil target lebih banyak dari itu. Kalau di luar Ramadan saja bisa baca al-Qur’an 1 juz per hari, tentu saat Ramadan sebaiknya lebih banyak.

Kombinasi

Selain target itu, bisa pula memasang target dengan hitungan lain. Atau dengan target kombinasi. Misal, 10 hari pertama khatam 2 kali. Lalu 10 hari kedua khatam 2 kali. Dan 10 hari kedua khatam 3 kali. Pilih mana mudahnya saja. Amalan ini juga bisa disempurnakan dengan sedekah Qur’an untuk masyarakat yang membutuhkan di pesisir melalui Kitabisa.

Target tersebut disusun dalam hitungan 30 hari sebulan Ramadan. Jika Ramadan hanya 29 hari, pembagiannya bisa dikondisikan. Karena hitungan hari dalam Islam dimulai sejak maghrib, maka hitunglah jumlah bacaan kita dimulai sejak setiap maghrib. Bukan ketika subuh.


Referensi :

Qur’anpoin.com

Hidayatullah.com

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920