fbpx
Selain Membagi Takjil di Jalanan, Ini 5 Tempat yang Lebih Membutuhkan

Selain Membagi Takjil di Jalanan, Ini 5 Tempat yang Lebih Membutuhkan

Kebanyakan orang membagikan takjil buka puasa di masjid terdekat atau di jalan-jalan. Alasannya karena faktor kemudahan akses dan minim biaya transportasi. Tapi tahukah kamu bahwa berbagi di bulan Ramadan itu bisa menebarkan manfaat yang lebih besar apabila disalurkan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan.

Berikut 5 rekomendasi sasaran berbagi takjil buka puasa Ramadan:

  1. Panti Asuhan

Allah SWT akan memberi rezeki begitu luas kepada hamba-Nya yang mau berbagi, menyantuni, dan menyisihkan sebagian rezekinya kepada orang yang membutuhkan, khususnya anak yatim.

Dari Sahl bin Saad Radhiallahu Anhu berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini, kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau, serta agak merenggangkan keduanya.”

  1. Panti Jompo

Pengucilan, diskriminasi, tidak adanya dukungan dari keluarga, tempat tinggal yang kurang layak, adalah bagian dari beberapa masalah sosial yang dialami para lansia. Padahal Islam menegaskan untuk menghormati semua orangtua (baca: lansia), adalah kewajiban semua orang.

Rasulullah bersabda, “Jika seorang pemuda menghormati seorang renta karena usianya, maka Allah akan memerintahkan seseorang untuk menghormatinya saat ia beranjak tua.” (Riwayat at-Tirmidzi)

  1. Panti Sosial

Panti Sosial Bina Karya adalah panti sosial yang mempunyai tugas memberikan pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi para gelandangan, pengemis dan orang terlantar.

“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan……. Sesungguhnya kami takut akan siksa Tuhan kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan, Maka Allah memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati.” (Qs. Al Insan: 8-11)

  1. Rumah Singgah

Rumah singgah merupakan tempat pembinaan anak jalanan, dengan tujuan untuk membentuk kembali sikap dan prilaku mereka agar sesuai dengan nilai nilai serta norma yang berlaku di masyarakat. Selain tempat penampungan anak jalanan, rumah singgah juga ada yang menjadi tempat sementara bagi keluarga pasien tidak mampu yang berobat di kota.

  1. Pelosok Pesisir

Latar belakang pendidikan yang rendah, kesempatan kerja yang dipengaruhi oleh musim, dan persediaan pangan yang rentan membuat pesisir merupakan daerah kantung kemiskinan.

Bantu agar sajian buka puasa istimewamu juga bisa dinikmati masyarakat miskin pesisir di bulan ramadhan kali ini. Biarkan mereka merasakan berkahnya ramadhan dan biarkan pahala kebaikannya mengalir padamu.

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920