fbpx
Sedekah Tidak Harus Menunggu Kaya

Sedekah Tidak Harus Menunggu Kaya

Ada yang berpenghasilan Rp 1 juta, lajang, di akhir bulan selalu mengeluh kekurangan. Ada yang berpenghasilan Rp 1.5 juta, lajang, selalu menggunakan separuh gajinya untuk sedekah, bisa menabung, dan hidup bahagia hingga akhir bulan.

Ada yang berpenghasilan Rp 3 juta, berkeluarga, anak 1, selalu ngepas akibat banyak cicilan. Ada yang berpenghasilan Rp 5 juta, anak 3, uang selalu sisa di akhir bulan. Ada yang berpenghasilan Rp 500 ribu, berkeluarga, rutin bersedekah, dan bisa menabung untuk qurban.

Terdapat banyak variabel yang mempengaruhi semua itu. Tetapi, jika dipikir lagi, rejeki memang ajaib, bukan? Jika banyaknya uang dan barang tidak menjamin kita untuk tidak merasa kekurangan, lalu apa sebenarnya itu kaya?

Kaya adalah merasa cukup di dalam hati. Dan rasa cukup itu kita yang melatih, Allah yang memudahkan. Apakah harus menunggu kaya, harta berlimpah, dan terpenuhinya semua kebutuhan untuk bersedekah? Bersedekahlah, maka hati akan dikayakan.

Nilai sedekah di saat sulit lebih besar daripada di saat lapang. Tentu saja bersedekah lima puluh ribu rupiah di saat kita hanya punya uang seratus ribu rupiah, adalah lebih bernilai dibandingkan sedekah satu juta rupiah di saat kita memiliki harta milyaran.

Jika sewaktu miskin pelit sedekah, apalagi ketika kaya. Faktanya, miskin dan kaya hanyalah masalah mental. Orang yang miskin hatinya, ketika ia tak punya uang akan pelit, ketika banyak uang pun akan pelit juga.

Sedangkan seseorang dengan kekayaan hati, ketika miskinnya ia suka berbagi, apalagi setelah ia kaya. Artinya, orang yang menunggu rezeki berlimpah dulu baru mau keluar sedekah sangat mungkin orang yang miskin hati.

Termasuk sedekah terbaik adalah yang dilakukan di masa takut miskin dan berharap kekayaan. Jika sudah kaya nanti, dengan kelimpahan rezeki, bersedekah menjadi biasa-biasa saja. Justru sedekah terbaik dilakukan ketika kita masih mengharap kekayaan dan takut kemiskinan.

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920