fbpx
Ramadhan Hanya 10 Hari di Pesisir

Ramadhan Hanya 10 Hari di Pesisir

Ramadhan hanya 10 hari di Desa Sukakerta. Banyak dari nelayan yang berpuasa di pekan pertama hanya untuk menghargai orang-orang yang berpuasa di bulan ramadhan. Pekan kedua, mereka sudah melakukan rutinitas biasanya. Merokok di depan umum, serta makan dan minum selepas bekerja.

Bekerja sebagai nelayan tidak lah mudah. Butuh tenaga ekstra dan waktu yang tidak biasa untuk bisa mengais rezeki di laut. Banyak sekali alasan untuk membatalkan puasa, namun Pak Yudi tidak mau mengorbankan kewajibannya.

Meskipun banyak nelayan yang tidak berpuasa, Pak Yudi tetap teguh pendiriannya. Puasa adalah ibadah wajib ummat muslim dan termasuk rukun islam yang ketiga. Angin laut yang kadang dingin dan kadang panas ditembusnya, demi menyelesaikan puasanya.

Daerah pesisir di Jawa Barat terkenal sebagai pusat maksiat. Sebuah desa pesisir di Kabupaten Subang merupakan tempat prostitusi sekaligus tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan dari berbagai daerah. Nelayan yang pulang melaut mencari hiburan dengan mendatangi tempat-tempat seperti itu.

Masyarakat nelayan, prostitusi, dan minum-minuman keras adalah hal yang tak terpisahkan dan menjadi budaya turun temurun. Namun tetap ada orang-orang seperti Pak Yudi yang tidak ingin terjerumus oleh teman-teman seprofesinya. Namun Ramdhan yang dijalani Pak Yudi bukanlah perjuangan yang mudah.

Selengkapnya >>

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920