fbpx
Qurban Untuk Pesisir : Daging Qurban Pertama Bu Mina

Qurban Untuk Pesisir : Daging Qurban Pertama Bu Mina

Hari itu tampak seorang nenek yang berjalan dengan tongkat tertatih mendekat dengan wajah gembira dan antusias. Terlihat juga para nelayan yang sedang beraktivitas di atas perahu untuk persiapan melaut, berhenti sejenak. Mereka mendekat, lalu larut dalam keramaian.

Ratusan warga sudah berkumpul di pesisir dekat muara tempat kapal bersandar. Berharap bisa mendapat daging qurban.

Sebelumnya 400 kupon telah dibagikan kepada keluarga dhuafa oleh Pak Karto selaku tokoh masyarakat di sana juga sekaligus mitra Yayasan Niat Baik Sinergi. Pak Karto mengungkapkan bahwa penerima manfaat Program #QurbanUntukPesisir diprioritaskan kepada orang-orang yang paling membutuhkan.

“Saya bagikan kupon daging ini ke masyarakat Dusun Praubosok, dimana penerima manfaatnya betul-betul masyarakat miskin yang tidak mendapatkan daging qurban,” ujar Pak Karto.

Yayasan Niat Baik Sinergi menyalurkan daging qurban kepada masyarakat Praubosok, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang. Masyarakat yang mayoritas nelayan miskin ini kerap tidak mendapatkan daging qurban saat hari Idul Adha.

“Di sini mah nggak kebagian daging qurban. Meskipun ada, orang-orang pada rebutan. Ada yang dapat, tapi lebih banyak yang tidak,” jelas Bu Atut, salah satu penerima manfaat Program #QurbanUntukPesisir.

Mobil yang membawa daging dari para donatur datang pada hari tasyrik kedua. Para Relawan #QurbanUntukPesisir dengan sigap menurunkan paket-paket daging yang dibungkus dengan besek bambu. Beberapa warga dengan sigap pula membantu.

Satu persatu warga pesisir menukarkan kupon dengan daging dalam antrian. Suasana begitu ramai. Riuh warga untuk mendapatkan daging yang jarang sekali mereka peroleh.

Anak-anak berkumpul di sekitar tempat pembagian daging qurban, melihat ibu-ibu mereka yang penuh semangat menunggu antrian dan pulang untuk membuat masakan spesial untuk keluarga.

“Seneng banget. Baru kali ini bisa dapat daging qurban, sebelumnya nggak ada. Setiap tahun di masjid memang ada pemotongan, tapi tidak pernah kebagian,” ungkap Bu Mina.

Para penerima manfaat qurban di Praubosok sangat berterimakasih kepada para pequrban yang telah mempercayakan qurbannya melalui Yayasan Niat Baik Sinergi lewat program #QurbanUntukPesisir.

“Program #QurbanUntukPesisir alhamdulillah berjalan lancar dan sukses. Senyum riang para nelayan berhasil tertorehkan di momen idul adha kali ini. Semoga amal ibadah qurban bapak ibu pequrban mendapat ridho dari Allah SWT,” ujar Muadz selaku pelaksana Program #QurbanUntukPesisir Yayasan Niat Baik Sinergi.

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920