fbpx
Nasib Masyarakat Miskin Pesisir di Papua

Nasib Masyarakat Miskin Pesisir di Papua

“Kami nelayan asli orang Papua berkeinginan hasil tangkapan ikan dapat diekspor. Meski kemampuan peralatan tangkap masih sangat terbatas, obsesi untuk mengekspor ikan sangat tinggi,” kata Moses Wabiser, pimpinan kelompok usaha bersama nelayan asli Papua.

Sebagian besar wilayah perairan Biak yang berada di pinggiran Samudera Pasifik terdiri atas lautan dan memiliki potensi kelautan cukup besar.

Dengan potensi sumber daya kelautan yang dimiliki Biak, seharusnya kehidupan nelayan Papua sejahtera. Akan tetapi, dalam kenyataan keseharian, nelayan yang menggantungkan hidup pada potensi kelautan itu masih hidup miskin.

Wilayah perairan Biak mempunyai potensi keindahan bahari dan hasil laut yang kaya, seperti terumbu karang dan tumbuhan laut. Wilayah itu juga tempat hidup beragam jenis ikan. Namun, kehidupan nelayan setempat senantiasa belum sejahtera, bahkan sering identik dengan kemiskinan.

Kebanyakan masyarakat pesisir Papua, khususnya nelayan Pulau Biak, masih belum mendapatkan nilai lebih dari potensi sumber daya laut Indonesia.

Nelayan umumnya masih jauh dari sejahtera. Hal itu ditunjukkan dengan pendidikan keluarga nelayan yang rendah dan tidak dapat memenuhi standar kesehatan maupun kebutuhan sehari-hari.

Empat persoalan utama yang dihadapi masyarakat pesisir adalah tingkat kemiskinan, kerusakan sumber daya pesisir, rendahnya kemandirian organisasi sosial desa, serta minimnya infrastruktur dan kesehatan lingkungan di pemukiman desa.

Keempat persoalan pokok di atas memberikan andil atas tingginya kerentanan desa menghadapi bencana alam dan perubahan iklim.

 

Sumber Gambar : ceposonline.com

Referensi :

https://www.tagar.id/masa-depan-masyarakat-pesisir-papua

https://bisnis.tempo.co/read/447914/masyarakat-pesisir-hadapi-empat-masalah/full&view=ok

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920