Mengajar Nilai Anti Korupsi Lewat Dongeng

Mengajar Nilai Anti Korupsi Lewat Dongeng

“Aku suka didongengin kak Rona, karena orangnya nggemesin. Udah gitu dongengnya lucu. Kalau aku enggak ke Rumah Dongeng Mentari rasanya bosen, nggak ada hiburan,” ungkap Manda, salah satu anak yang menjadi dampingan Rumah Dongeng Mentari. Berawal dari kecintaan Rona Mentari terhadap dunia mendongeng, pada tahun 2010, Rona mendirikan Rumah Dongeng Mentari bersama kedua orang kakaknya.

“Buat saya dongeng adalah sebuah hal yang tidak bisa dipisahkan dari hidup saya”, tutur Rona. Ia telah mulai mendongeng sejak usia empat tahun. “Awalnya saya adalah seorang yang pendiam. Bahkan ketika TK saya tidak punya teman”, ungkap Rona. Dongenglah yang membuat dirinya berubah menjadi percaya diri dan berani mencoba hal-hal baru. Orang tua Rona melihat bakat Rona mendongeng sejak usia 4 tahun. Sejak itulah sang orang tua Rona mendukung Rona untuk mendongeng dari satu acara ke acara lain dari panggung ke panggung di seluruh Indonesia.

Ada pengalaman menarik yang dialami Rona selama mendongeng. “Jadi waktu itu saya sedang mendongeng untuk anak-anak di kepualauan Karimunjawa,” tutur Rona. Seperti biasa ia menanyakan apa cita-cita adik-adik. “Lalu pada saat itu ada seorang anak yang secara lantang mengatakan ingin menjadi koruptor”, tambah Rona. Seketika itu dirinya kaget, bagaimana mungkin ada anak yang berpikiran seperti itu.

Sejak saat itu Rona sadar bahwa dalam dongeng-dongengnya harus ada satu value yang sama dan konsisten. Ia memantapkan diri untuk menjadikan nilai anti korupsi sebagai nilai yang secara konsisten ada di dongeng-dongengnya. Kini Rumah Dongeng Mentari juga tengah berkolaborasi dengan salah satu badan amil di Indonesia untuk membuat DVD Dongeng gratis dengan nilai-nilai anti korupsi.

“Tujuan mendongeng hanya bisa tersampaikan apabila ada teman-teman yang membantu,” tutur Rona. Oleh karena itu dirinya kini juga giat mengajar anak muda untuk mendongeng. “Saya bermimpi bahwa suatu hari dongeng hadir di seluruh keluarga melalui orang tua”, ungkap Rona. Ia berharap, dongeng mampu berkontribusi untuk masa depan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Kontak Kami

Jl. Bukit Cemara Asri DO.26
Perum. Bukit Safir Jaya, Tembalang – Semarang

Email. aksibaik.id@gmail.com
Ph. +62 24 7640 5870
Wa. +62 878 8121 5000

Logo NB-bub-white

AksiBaik.com 2017 - Yayasan Niat Baik Sinergi