fbpx
Masjid Tanpa Buka Puasa Bersama

Masjid Tanpa Buka Puasa Bersama

Masjid di Desa Sukakerta tidak punya acara buka puasa bersama setiap menjelang maghrib. Tidak ada canda anak-anak kecil yang biasanya sering kamu dengar bila ramadhan tiba di halaman masjid. Tidak ada risoles yang akan jadi rebutan.

Hanya ada beberapa anak yang datang ke masjid menjelang magrib di masjid Desa Sukakerta saat bulan ramadhan. Mereka menyemarakkan bulan ramadhan dengan mengaji di masjid menggunakan pengeras suara.

Saat waktu berbuka puasa tiba, mereka pulang dulu untuk berbuka di rumah. Masjid tidak menyediakan makanan buka puasa. Tak ada buka puasa bersama.

Rata-rata masjid di daerah miskin pesisir Kabupaten Karawang, Jawa Barat tidak mengadakan rutinitas buka puasa bersama. Masyarakat berbuka puasa di rumahnya masing-masing. Keadaan seperti ini sangat jauh berbeda dengan semarak bulan suci ramadhan kebanyakan.

Ibu-ibu di Desa Sukakerta mulai dari pagi hingga malam hari sibuk menjadi buruh pengupas kulit kepiting. Bekerja setiap hari dengan upah rendah demi menutupi kebutuhan keluarga. Tak ada waktu dan biaya untuk menyiapkan sajian buka puasa istimewa.

Kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan pendapatan di tengah masyarakat, khususnya masyarakat pesisir menjadi fakta nyata dalam perkembangan pembangunan Indonesia. Masyarakat nelayan umumnya masih jauh dari sejahtera yang ditunjukkan dari pendidikan keluarga nelayan yang rendah dan tidak dapat memenuhi standar kesehatan maupun kebutuhan sehari-hari.

Perkembangan kemiskinan absolut yang dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik terbaru menunjukkan proporsi jumlah penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan atau tidak terpenuhinya kebutuhan dasar di daerah pesisir jauh lebih besar dibandingkan dengan daerah bukan pesisir.

Masjid di Sukakerta hanya salah satu masjid dari sekian banyak masjid di kawasan pesisir Indonesia yang tak tersentuh suasana khas ramadhan seperti yang biasa kita rasakan. Tujuh juta orang miskin merupakan masyarakat pesisir yang pekerjaan utamanya adalah nelayan.

Latar belakang pendidikan yang rendah, kesempatan kerja yang dipengaruhi oleh musim, dan persediaan pangan yang rentan membuat pesisir merupakan daerah kantung kemiskinan. Kebanyakan masyarakat pesisir Indonesia, terkhusus masyarakat nelayan ternyata masih belum mendapatkan nilai lebih dari potensi kekayaan sumber daya laut Indonesia.

Selengkapnya >>

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920