fbpx
Makna Uang 50 Ribu Bagi Nelayan Wakatobi

Makna Uang 50 Ribu Bagi Nelayan Wakatobi

Kisah ini datang dari desa kecil di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Desa Wapia-pia merupakan salah satu desa yang memiliki potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang besar.

Sayangnya, masyarakat setempat yang bekerja sebagai nelayan, hanya mampu menjual hasil laut tangkapannya dengan harga yang relatif murah. Bahkan hanya mampu dimanfaatkan sebagai konsumsi sehari-hari.

“Sekarang, dari pagi sampai sore, kadang hanya mendapatkan 10, 20, paling banyak 30 ekor ikan. Itu pun sangat jarang. Hal tersebut yang membuat perekonomian kami terganggu,” ujar salah satu nelayan ikan tangkap di Wapia-pia.

Selain itu, permasalahan yang menjerat para nelayan adalah mereka terjebak dalam lingkaran tengkulak. Mereka terlilit hutang besar yang mereka gunakan untuk biaya melaut.

Sayangnya, seringkali para nelayan tersebut, bahkan tidak dapat membawa hasil laut yang banyak. Sehingga mereka tidak bisa membayar hutang. Sehingga hutang mereka menumpuk dan bertambah banyak.

Bagaimana perasaan Anda jika hanya berpenghasilan Rp 50 ribu dalam seminggu? Dalam sehari saja, uang Rp 50 ribu mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.  Namun bagi nelayan Wakatobi, lembaran uang Rp 50 ribu sangat berarti untuknya bisa menopang hidup keluarga.

Nelayan terkadang hanya tahu tentang melaut. Nelayan tak begitu paham tentang harga ikan atau mekanisme pasar. Inilah yang membuat nelayan sulit mendapatkan penghasilan lebih meski melaut tanpa henti, berpeluh keringat sampai menetes ke lautan hari demi hari.

Sumber Gambar : Kompas.com

Referensi :

https://kumparan.com/@kumparannews/makna-uang-rp-50-ribu-bagi-kehidupan-nelayan

https://www.dompetdhuafa.org/post/detail/8562/budidaya-ikan-bobara–bantu-nelayan-keluar-dari-lingkaran-kemiskinan

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920