fbpx
Kurban Adalah Bukti Melepaskan Kecintaan Berlebihan Terhadap Harta

Kurban Adalah Bukti Melepaskan Kecintaan Berlebihan Terhadap Harta

Tidak semua orang mampu mengonsumsi daging merah. Manusia yang dibei rizki hendaknya berbagi kepada sesama yang belum beruntung. Salah satunya dengan membagikan daging kurban.

Ibadah kurban memiliki hikmah yang sangat banyak. Kurban mengingatkan kita untuk melepaskan sifat duniawi dan apa yang paling disuka.

Selama bertahun-tahun Nabi Ibrahim AS menantikan kehadiran buah hati, namun setelah dikaruniai, justru Allah SWT mengkehendaki hal lain. Hal ini mengingatkan kita bahwa apapun yang ada pada kita hanyalah titipan dan suatu saat akan kembali kepada-Nya.

Sejak diperintahkan, apa yang diminta dikorbankan adalah sesuatu yang sangat dicintai atau disukai. Menunjukkan bahwa Allah sedang menguji apakah seorang hamba itu benar sungguh-sungguh mencintai Allah diatas segalanya.

Mau mengorbankan apa saja untuk yang dicintainya, menegaskan bahwa Allah adalah pemilik semuanya termasuk apa-apa yang dititipkan pada manusia.

Kecintaan terhadap harta bukan segala-galanya, merelakan harta untuk ibadah tentu akan diganti menjadi pahala bagi Allah termasuk dalam ibadah berkurban. Oleh karena itu kita harus menempatkan cinta kepada Allah sebagai cinta tertinggi/teragung.

Manusia hidup di dunia harus mencari bekal taqwa untuk keselamatan di akhiratnya, dengan menjalankan perintah Tuhan, dan menjauhi larangan-Nya. Manusia yang bertaqwa akan tumbuh perasaannya bahwa ia adalah hamba dari Tuhannya. Berkurban merupakan bentuk ketaatan dan tunduk atas perintah Tuhan.

Kurban mempunyai akar kata qaruba, yang membentuk kata: qurb (dekat), taqarrub (mendekatkan diri), aqriba’ (kerabat). Seiring bertambahnya usia akan bertambah dekat pula dengan kematian, artinya makin dekat perjumpaan dengan Allah. Dengan kurban menjadikan kita ingat dan insaf, yang pada akhirnya berjumpa dengan-Nya dalam kebaikan.


Dukung pengembangan program Qurban Untuk Pesisir melalui Yayasan Niat Baik Sinergi.

NOMOR REKENING

An. Yayasan Niat Baik Sinergi

Bank Konvensional
BCA : 603 042 8879
Mandiri : 155 000 707 8879
BNI : 569 986 528
BRI : 438 010 004 94305

Bank Syariah
Mandiri Syariah : 710 927 3729
CIMB Niaga Syariah : 860 005 215 900
BNI Syariah : 566 817 847

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920