Bank Khusus Para Pengemis dan Kaum Marjinal

Bank Khusus Para Pengemis dan Kaum Marjinal

Semua berawal dari kepercayaan. “Saya percaya bahwa setiap individu adalah entrepreneur”, ungkap Muhammad Yunus, pendiri Grameen Bank. Dari kepercayaan itulah ia memulai Grameen Bank, Bank yang mengkhususkan diri memberikan pinjaman kepada masyarakat marjinal di Bangladesh, mulai dari wanita, orang miskin, serta pengemis.

Awalnya semua orang menganggap dirinya gila. “Bagaimana mungkin kamu bisa meminjamkan uang pada mereka? Kamu pasti akan bangkrut. Setidaknya itulah yang dikatakan orang-orang kepada saya”, tutur Yunus. Dan Yunus membuktikan bahwa anggapan orang-orang salah. Berkat kerja kerasnya, kini Grameen Bank telah meminjamkan uang kepada 8,3 juta orang, dengan 97% diantaranya adalah wanita.

Konsepnya sederhana saja. Kebanyakan kaum wanita di Bangladesh kesulitan mendapatkan pinjaman untuk memulai usaha mereka. Padahal jumlah yang dibutuhkan sangat sedikit, sekitar 27$ atau setara dengan sekitar tiga ratus lima puluh ribu rupiah. Pinjaman digunakan untuk memulai usaha, lalu mereka membayar cicilan, meminjam modal yang lebih besar lagi karena bisnis mereka berkembang, dan seterusnya. Sederhana dan tanpa jaminan.

Grameen Bank terus bertumbuh, bahkan ia juga memberikan pinjaman kepada para pengemis. “Dalam lima tahun, dua puluh dua ribu orang dari sekitar seratus ribu pengemis yang diberi pinjaman telah berhenti mengemis sama sekali”, ungkap Yunus. Dari hal itu Yunus semakin percaya bahwa setiap individu memiliki potensi.

“Bagi saya, tak ada yang salah dengan orang yang terlahir miskin”, tutur Yunus. Orang miskin bagi Yunus adalah tanaman bonsai. Tak ada yang salah dengan bibit bonsai, hanya lingkungannya yang tak mengijinkan untuk berkembang. Orang miskin hanya butuh untuk didukung dan dibangun kepercayaannya sehingga mereka bisa bertumbuh.

Niat baik bisa dari mana saja. Bagi Yunus niat baiknya berawal dari permasalahan yang ia lihat disekitarnya. Niat itu lalu menjadi aksi yang diasah dengan kreativitas. “Kita perlu memanfaatkan kreativitas kita untuk menyelesaikan permasalahan di muka bumi ini. Dengan demikian, kita bisa membuat peradaban yang baru serta dunia yang lebih baik”, tutup Yunus.

Kontak Kami

Jl. Bukit Cemara Asri DO.26
Perum. Bukit Safir Jaya, Tembalang – Semarang

Email. aksibaik.id@gmail.com
Ph. +62 24 7640 5870
Wa. +62 878 8121 5000

Logo NB-bub-white

AksiBaik.com 2017 - Yayasan Niat Baik Sinergi