fbpx
Alasan Kamu Tidak Harus Beli Baju Baru Saat Lebaran

Alasan Kamu Tidak Harus Beli Baju Baru Saat Lebaran

Banyak yang beranggapan membeli baju baru merupakan sebuah anjuran atau kesunahan saat lebaran. Padahal dari hadist yang membahas persoalan ini, anjuran atau sunah saat lebaran ialah berhias dan mengenakan pakaian terbaik yang kamu miliki.

Tidak harus membeli baju baru, sebab saat Rasulullah dibelikan baju sutera oleh Umar Bin Khatab saat lebaran. Beliau justru tidak memakainya dan memakai pakaian lamanya yang paling terbaik.

Rasulullah memakai pakaian terbaik yang dimilikinya saat hari raya. Namun bukan berarti harus selalu membeli yang baru. Hal yang mendasari membeli atau tidaknya baju baru adalah apakah kamu masih memiliki baju yang pantas dipakai untuk salat Idul Fitri dan bersilaturahmi dengan tetangga.

Apabila kamu masih memiliki banyak baju yang bagus, alangkah lebih baiknya apabila mampu memberikan pakaianmu kepada yang lebih membutuhkan, misalnya fakir miskin dan anak yatim yang ada di pelosok pesisir Karawang. Itu karena, meskipun memakai pakaian bagus itu sunnah, perlu dipertimbangkan agar kita tidak berlebihan dan boros.

Kalau kita perhatikan lebih jauh, sebenarnya baju baru untuk lebaran itu tergolong kebutuhan atau keinginan? Beberapa orang bahkan hanya menyebutnya sebagai sebuah tradisi lebaran yang perlu diikuti. Padahal tidak semua orang mampu setiap tahunnya membeli yang baru.

Belanja baju lebaran jangan sampai bikin kantong bolong. Ketimbang membeli pakaian baru yang hanya dipakai satu atau dua kali, alangkah baiknya anggaran tersebut dialokasikan untuk ditabung. Hal tersebut tentu akan lebih bermanfaat, sekaligus melatih diri untuk bisa belajar berhemat dan berbelanja dengan bijak sesuai dengan kebutuhan.

Sekali perlu dipahami bahwa merayakan lebaran tidak harus menggunakan baju baru. Jika dirasa baju baru yang di toko terlalu mahal, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk membeli barang preloved atau barang tangan kedua. Dengan melakukan hal ini, kamu bukan hanya berhemat tapi juga melakukan apa yang disebut sustainable shopping atau belanja berkelanjutan.

Kontak Kami

Plaza Kuningan, Menara Selatan, 11th Floor,
19 Suite (Frakfurt), Jl. HR. Rasuna Said, RT.02, RW.05, Kav. C11-14, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota 12920

Email. niatbaiksinergi@gmail.com
Telp. +62 822 9861 5000