fbpx
5 Keutamaan Lailatul Qadar yang Tidak Semua Orang Bisa Mendapatkannya

5 Keutamaan Lailatul Qadar yang Tidak Semua Orang Bisa Mendapatkannya

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh dengan peristiwa bersejarah. Diantara beberapa momentum berharga yang terjadi pada bulan Ramadhan yaitu peristiwa Lailatul Qadar.

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr 1-5)

Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan kemulian. Selain sebagai malam diturunkannya Al-Quran ke langit dunia, keutamaan lain dari malam Lailatul Qadar yaitu:

  1. Lebih baik daripada 1.000 bulan

Dalam tafsir al-Thabari disebutkan bahwa Mujahid berpendapat bahwa yang dimaksud dengan ‘lebih baik dari seribu bulan’ adalah amal, puasa, dan salat malam yang dilakukannya pada malam ini lebih baik dari amalan yang dilakukan selama 1.000 bulan.

  1. Diampuninya dosa seseorang yang menghidupkan malam tersebut

Dalam Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari)

  1. Malam yang penuh berkah

Para ulama tafsir, salah satunya al-Qurtubi dalam tafsirnya menyebutkan bahwa yang dimaksud ‘malam yang diberkahi’ pada QS. Al-Dukhan adalah malam Lailatul Qadar yaitu malam dimana diturunkannya Al-Quran.

  1. Malam turunnya para malaikat

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa banyaknya malaikat yang turun pada malam tersebut menandakan banyaknya berkah yang turun pada malam itu, karena malaikat turun bersamaan dengan turunnya berkah.

  1. Malam dicatatnya takdir tahunan

“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah”. (QS. Al-Dukhan : 4)

Yang dimaksud dengan ‘urusan’ di sini ialah segala perkara yang berhubungan dengan kehidupan makhluk seperti: hidup, mati, rezki, untung baik, untung buruk dan sebagainya.

Al-Quran adalah kitab mulia yang bisa kamu bantu sebarkan dengan berpartisipasi pada program tebar sejuta Qur’an di pelosok pesisir. Menjadiannya pedoman hidup seluruh umat muslim yang menjadikan setiap hal yang bersinggungan dengannya menjadi mulia. Adapun mengapa Nabi Muhammad Saw menjadi Nabi yang paling mulia di antara para nabi-nabi lain adalah karena pada beliaulah Al-Quran diturunkan.

Momentum yang berharga dan mulia ini harusnya bisa digunakan untuk meningkatkan ketakwaan dan memperoleh keberkahan serta mempelajari sejarah agar bisa meneladani pribadi Rasulullah Saw yang akhlaknya merupakan manifestasi dari Al-Quran itu sendiri.

Kontak Kami

Plaza Kuningan, Menara Selatan, 11th Floor,
19 Suite (Frakfurt), Jl. HR. Rasuna Said, RT.02, RW.05, Kav. C11-14, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota 12920

Email. niatbaiksinergi@gmail.com
Telp. +62 822 9861 5000