fbpx
5 Kekeliruan yang Jangan Kamu Lakukan Saat Berbuka Puasa

5 Kekeliruan yang Jangan Kamu Lakukan Saat Berbuka Puasa

Banyak orang yang malah menjadikan buka puasa sebagai ajang balas dendam. Mereka akan memakan apapun yang sudah diidam-idam kan dari siang hari, padahal mengonsumsi sembarang makanan saat berbuka akan mengurangi manfaat puasamu.

Tidak mau kan tubuhmu malah menjadi tidak sehat karena sembarangan mengonsumsi makanan saat berbuka puasa? Berikut ini adalah beberapa kekeliruan saat berbuka yang bisa harus kamu hindari:

  1. Berbuka Dengan yang Manis

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Samuel Oetoro, mengatakan menjelang buka puasa, kadar gula darah pasti turun. Karena itu saat menjelang berbuka, disarankan buka dengan yang manis. Sayangnya orang Indonesia terbiasa buka dengan kolak atau teh manis yang hangat. Padahal menurut Samuel, hal ini sebetulnya keliru.

Perlu diketahui bahwa tidak ada sunnah berbuka dengan manis-manis seperti sirup, cendol, es teh manis dan sejenisnya. Yang disunnahkan adalah berbuka puasa sesuai dengan urutannya yaitu dengan ruthab (kurma basah), apabila tidak ada dengan tamr (kurma kering), apabila tidak ada maka dengan meneguk air putih.

  1. Bagi Pengidap Mag, Hindari Makanan dan Minuman Bergas

Sederhananya kamu harus menghindari makanan yang menyebabkan atau memperberat gejala sakit mag. Salah satunya, hindari mengasup menu-menu yang mengandung gas dan terlalu banyak serat. Misalnya, sayuran sawi, buah nangka, kol, pisang ambon, kendondong, dan buah yang dikeringkan.

Selain itu, kamu sebaiknya juga jangan memilih makan bercuka dan pedas. Kedua makanan ini mesti diwaspadai bagi pengidap mag karena bisa merusak dinding lambung. Selain itu, ada juga makanan dengan sumber karbohidrat yang sebaiknya dihindari pengidap mag. Misalnya mie, bihun, ubi, beras ketan, jagung, talas, dan dodol.

  1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gorengan

Selanjutnya untuk kebiasaan makan yang perlu dihindari saat buka puasa adalah memilih gorengan. Alasannya karena gorengan banyak mengandung minyak yang membuat makanan tersebut jadi sulit dicerna tubuh. Apalagi bila gorengan menjadi makanan pertama yang dimakan saat berbuka.

Pasalnya, ketika perut seharian kosong saat berpuasa, perut harus mencerna lemak yang ada pada gorengan. Nah, hal inilah yang bisa mengganggu kinerja saluran pencernaan. Pastinya, saluran pencernaan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut.

  1. Minuman Bersoda

Usahakan untuk tidak meminum minuman yang bersoda baik saat buka puasa atau setelahnya. Disarankan untuk menghindari minuman bersoda atau berkarbonasi sepanjang bulan Ramadan. Soalnya, mium minuman bersoda saat puasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa penuh atau begah. Hal ini juga akan mengurangi kualitas pencernaan.

Daripada membeli minuman bersoda 10 -20 ribu, mending buka puasa seadanya, lalu sedekahkan sajian buka puasa untuk masyarakat miskin pesisir melalui Kitabisa. Insya Allah itu merupakan cara yang benar untuk mendapatkan keberkahan Ramadan.

  1. Berbuka dengan Es Krim

Saat buka puasa, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi yang dingin. Suhu yang dingin baik pada makanan ataupun minuman akan membuat perut kamu kaget karena adanya perbedaan suhu. Minuman yang terlalu dingin dapat mengubah pola kerja organ tubuh kamu, terutama pada bagian pencernaan.

Oleh karena itu, memilih es krim sebagai menu berbuka bukanlah hal yang tepat. Ada baiknya kamu mengonsumsi minuman yang suhunya sama dengan suhu ruangan terlebih dahulu.

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920