fbpx
5 Hal yang Membuat Lebaranmu Berbeda dan Lebih Bermakna Tahun Ini

5 Hal yang Membuat Lebaranmu Berbeda dan Lebih Bermakna Tahun Ini

Tak terasa lebaran sudah hampir tiba. Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk merayakan hari kemenangan. Alih-alih melakukan hal-hal yang bersifat rutinitas tahunan, 5 hal ini bisa membuat lebaranmu lebih bermakna.

  1. Mengevaluasi ibadah Ramadan tahun ini untuk mengukur kemenanganmu saat lebaran

Salah satu indikator kesuksesan Ramadan apabila ibadah kamu lebih baik dari ibadah Ramadan sebelumnya, baik dari secara kuantitas maupun kualitas. Beberapa hal yang perlu dievaluasi yaitu puasa, mengaji, shalat tarwih dan tahajud, itikaf, serta sedekah.

  1. Membuat daftar nama teman lama untuk dihubungi dalam rangka silaturahmi via telpon

Ketimbang sekedar membuat satu status media sosial untuk semua orang, momen lebaran bisa dijadikan alasan untuk bersilaturahmi via telpon dengan beberapa teman lama pilihan. Silaturahmi lebaran tidak mesti bertemu langsung. Menyempatkan diri menelpon teman bisa saling menjaga hubungan baik.

  1. Mempersiapkan hadiah bagi orang-orang yang pernah berbuat tidak baik terhadapmu

“Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.” (Q.S. Fushshilat 41/34-35)

  1. Membuat ucapan kreatif tertulis secara berbeda-beda pada tiap-tiap orang

Ucapan hari raya menjadi lebih bermakna apabila kamu menuliskannya dengan lebih personal pada tiap masing-masing orang. Ucapan lebaran tidak mesti dari satu template yang sama. Ucapannya bisa berbeda-beda bergantung kreativitas tanpa mengurangi esensi dari Idul Fitri.

  1. Berdonasi bingkisan lebaran bagi masyarakat pelosok pesisir yang membutuhkan

Enam juta orang miskin hidup di pesisir. Latar belakang pendidikan yang rendah, kesempatan kerja yang dipengaruhi oleh musim, dan persediaan pangan yang rentan membuat pesisir merupakan daerah kantung kemiskinan. Sebelum lebaran, kamu bisa mempertimbangkan untuk berdonasi bingkisan hari raya untuk masyarakat miskin pesisir di Karawang.

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920