fbpx
5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Mencoba Konsisten Membaca Qur’an

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Mencoba Konsisten Membaca Qur’an

Membaca Al Qur’an itu mudah bagi yang sudah bisa membacanya, namun untuk konsisten melakukannya, hingga mengkhatamkannya berkali-kali tidaklah mudah. Begitu besar pahala yang diberikan bagi orang yang membaca Al Qur’an. Pada bulan Ramadan kali ini jangan sia-siakan kesempatan membaca Qur’an.

Berikut 5 Hal yang dilakukan ketika mencoba konsisten membaca Qur’an:

  1. Pelajari dan ketahui tentang manfaat dan keutamaan membaca Al Qur’an

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dari huruf itu, dan satu kebaikan itu akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Turmudzi)

Bayangkan kalau kamu berhasil menyelesaikan 1 juz dalam Al Qur’an, dan dari setiap huruf yang kit abaca diberikan ganjaran 10 pahala, begitu luar biasa pahala yang kita dapatkan dari membaca Al Qur’an. Apalagi khusus bulan Ramadan pahalannya menjadi berkali-kali lipat.

  1. Buat komitmen pada diri sendiri

Buatlah komitmen dan janji pada diri sendiri untuk bisa selalu Istiqomah dalam mambaca Al Qur’an setiap hari. Yakinkan diri sendiri, bahwa tidak ada yang bisa memisahkan kita dari Al Qur’an kecuali jika ajal suda datang menjemput.

Jadikanlah Al Qur’an sebagai pelita jika kita Tersesat dalam kegelapan. Yakinlah! Al Qur’an akan menjadi kompas jikala kita tersesat dan kehilangan arah, dan sebagai obat jikala hati kita sakit.

  1. Mencari teman yang tujuannya sama

Sebenarnya hal ini lah yang paling berpengaruh dalam usaha dalam mempertahankan konsistensi membaca Al Qur’an. Bersama dengan orang yang sholeh dan sholehah yang sama-sama mencintai Al Qur’an akan mendorong keinginan kita dalam membaca dan mempelajarinya.

  1. Bergabung dengan komunitas pecinta Al Qur’an

Mungkin, kamu tidak bisa menemukan orang di lingkungan terdekat yang juga mencintai Al Qur’an dikarenakan beberapa hal. Jangan putus semangat! Ada banyak komunitas komunitas di luar sana yang juga satu tujuan denganmu. Apalagi seiring berkembangnya zaman komunitas-komunitas ini banyak yang menyediakan komunitas online.

  1. Jangan ragu untuk membaca Al Qur’an di tempat umum

Jangan malu dan untuk membaca atau bertilawah di tempat umum. Karena untuk mencapai satu juz satu hari, bisa saja kamu membaca Al Qur’an dimanapun kamu berada kalau ada waktu kosong.

  1. Mencintai Al Qur’an dan memiliki hasrat untuk terus mempelajari Al Qur’an

Cintailah Al Qur’an dan milikilah hasrat untuk selalu membacanya. Adakalanya kamu merasa jenuh atau mungkin ada rasa malas yang mulai menggoda. Sesungguhnya, saat itu Al Qur’an sedang rindu dan ingin dibaca olehmu.

Salah satu bentuk kecintaan terhadap Qur’an yaitu juga dengan merawat dan menjaga mushafnya. Bisa juga dengan melakukan kegiatan sosial berupa donasi pengadaan Qur’an bagi masyarakat miskin pesisir yang membutuhkan via Kitabisa.

  1. Manfaatkan Teknologi untuk Memudahkan Ibadah

Teknologi yang berkembang pesat saat ini, tak hanya bermanfaat untuk memudahkan segala sesuatu yang bersifat teknis. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai media untuk mempermudah beribadah. Kamu bisa mengunduh aplikasi Al Quran digital yang telah dilengkapi berbagai macam fitur untuk mempermudah kamu membaca Al Quran.

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920