fbpx
5 Hal Kecil Berdampak Besar yang Perlu Kamu Tebarkan di Bulan Ramadan

5 Hal Kecil Berdampak Besar yang Perlu Kamu Tebarkan di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah ajang berlomba-lomba dalam kebaikan. Selain berpuasa penuh di bulan Ramadan, sholat malam, dan memperbanyak tilawah Qur’an, menangkan kompetisi kebaikan dengan memanen pahala dari 5 amalan berikut:

  1. Tebar Senyuman Kepada Semua Orang

Sabda sakti Rasulullah SAW mengkhabarkan: ”Senyummu kepada saudaramu adalah shodaqoh.” (HR. Tirmidzi)

Senyuman itu mendamaikan jiwa, menentramkan hati dan menghilangkan kedengkian. Senyuman akan membakar kecemburuan dan dendam dalam hati. Senyuman juga akan menaburkan persaudaraan dan keselamatan dalam dunia manusia.

  1. Tebar Takjil Kepada Orang yang Berpuasa

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

Orang yang berpuasa disunahkan berbagi sesuatu dengan orang lain untuk buka puasanya meskipun hanya sebutir kurma atau seteguk air. Kalau dengan makan malam, tentu lebih utama.

  1. Tebar Nasehat Kepada Teman dan Keluarga

Nasihat adalah perkara yang penting sehingga setiap muslim wajib memperhatikan dan melakukannya kepada orang lain. Sampai-sampai Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengambil bai’at atasnya dan selalu mengikat diri dengannya karena sangat memperhatikan masalah nasihat ini.

Diriwayatkan dari Jarir radhiyallaahu‘anhu: “Aku berbai’at (berjanji setia) kepada Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk menegakkan shalat, menunaikan zakat, dan memberi nasihat kepada setiap muslim.”

  1. Tebar Maaf Kepada Sesama

Pemaaf adalah sifat yang sangat terpuji yang Allah sifatkan kepada hamba-hamba-Nya yang bertaqwa. Islam mengajarkan kepada kita untuk menjadi pribadi yang berlapang dada dan pemaaf.

Sebagaimana yang pernah disinggung oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bahwa manusia adalah tempat salah dan dosa. Memberi maaf orang atas kesalahan yang mungkin tidak disengajanya termasuk keutamaan tersendiri bagi orang yang tersakiti.

  1. Tebar Mushaf Al-Qur’an di Pesisir

Bersedekah Mushaf Qur’an merupakan amal jariyah yang dapat mengalirkan terus pahala selagi Al’Qur’an tersebut dipergunakan. Kenapa pesisir? Karena daerah pelosok pesisir merupakan daerah yang jarang terjamah bantuan dari yayasan-yayasan.

Sebanyak 6,8 juta orang miskin adalah masyarakat pesisir yang mayoritas pekerjaan utamannya adalah nelayan. Banyak masjid dan taman pengajian Quran di daerah pesisir yang kekurangan mushaf Qur’an.

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920