fbpx
5 Ciri-Ciri Kesuksesan di Hari Raya Agar Ramadanmu Tidak Sia-Sia

5 Ciri-Ciri Kesuksesan di Hari Raya Agar Ramadanmu Tidak Sia-Sia

Jika standar capaian tertinggi puasa adalah takwa, maka tanda-tanda bahwa kita sukses melewati Ramadan pun tak lepas dari ciri-ciri muttaqîn (orang-orang yang bertakwa). Semakin tinggi kualitas takwa kita, indikasi semakin tinggi pula kesuksean kita berpuasa.

Lantas, apa saja ciri-ciri orang bertakwa? Ada beberapa ayat Al-Qur’an yang menjelaskan ciri-ciri orang takwa. Salah satu ayatnya terdapat dalam Surat Ali Imran. Ayat tersebut memaparkan tiga sifat yang menjadi ciri orang bertakwa, yaitu:

  1. Gemar menyedekahkan sebagian hartanya dalam kondisi senang ataupun sulit

Orang bertakwa tidak akan sibuk hanya memikirkan diri sendiri. Ia mesti berjiwa sosial, menaruh empati kepada sesama, serta rela berkorban untuk orang lain dalam setiap keadaan. Bahkan, ia tidak hanya suka memberi kepada orang yang dicintainya, tapi juga kepada orang-orang memang membutuhkan.

Sebelum lebaran, kamu bisa mempertimbangkan untuk berdonasi bingkisan hari raya untuk masyarakat miskin pesisir di Karawang. Enam juta orang miskin hidup di pesisir dan sangat patut diberikan bantuan. Uluran tanganmu sangat berarti bagi mereka.

  1. Orang yang sukses menahan amarah

Marah merupakan gejala manusiawi. Tapi orang-orang yang bertakwa tidak akan mengumbar marah begitu saja. Al-kâdhim (orang yang menahan) serumpun kata dengan al-kadhîmah (termos). Kedua-duanya mempunyai fungsi membendung: yang pertama membendung amarah, yang kedua membendung air panas.

  1. Orang yang sukses memaafkan kesalahan orang lain

Cara ini, bila dipraktikkan dengan penuh pengahayatan, sebenarnya melatih orang selama Ramadan tentang pentingnya maaf. Bila diri kita sendiri saja tak mungkin suci dari kesalahan, alasan apa yang kita tidak mau memaafkan kesalahan orang lain?

  1. Menjadikan Idul Fitri sebagai kesempatan untuk menambah kebaikan.

Ciri-ciri ketaatan lainnya, selain dalam ayat Al-Qur’an yang menunjukkan bukti Ketaatan dan ibadah kepada Allah adalah perasaan senang ketika melakukan silaturrahim, halal bihalal, saling bermaafan, memberi sedekah, dan menolong orang lain.

  1. Tidak termasuk sebagai orang yang khilaf dan seperti anak-anak

Orang khilaf dan anak-anak melihat Idul Fitri hanya sebagai kesempatan untuk bermain bersama teman-temannya, bersenang-senang, belanja baju baru, dan mendapatkan banyak pemberian dari keluarga atau sanak saudara.

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920