fbpx
5 Amal Jariyah Terbaik di Bulan Ramadan

5 Amal Jariyah Terbaik di Bulan Ramadan

Cakupan sedekah jariyah tentunya tidak hanya berlaku pada wakaf untuk sarana peribadatan (masjid) saja. Umat Islam perlu mengembangkan dan memerapkan arti sedekah jariyah dalam lingkup yang lebih luas.

Sedekah jariyah juga berlaku pada tiap aktifitas yang memiliki manfaat berkelanjutan lainnya. Standar kemanfaatan tentunya mengacu kepada hal-hal yang telah dibenarkan oleh syari’at. Jika ini yang terjadi maka cita-cita untuk mewujudkan ‘Izz al-Islam wa al-Muslimin (kemuliaan Islam dan pemeluknya) sebagaimana harapan Nabi kita akan terwujud.

  1. Berdonasi Untuk Pembangunan Sekolah/Pesantren

Sekolah adalah tempat dimana seseorang mendapatkan pendidikan. Pendidikan adalah harta yang paling berharga, itu sebabnya sekolah sangat penting terutama bagi anak-anak dan pemuda yang merupakan pemimpin masa depan.

  1. Berdonasi Untuk Pendirian Rumah Sakit

Rumah sakit merupakan kebutuhan banyak orang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan fasilitas rumah sakit karena biaya. Rumah sakit yang dibangun dari dana sedekah, zakat, dan wakaf biasanya diperuntukkan untuk masyarakat dhuafa yang minim biaya agar bisa berobat secara gratis.

  1. Berdonasi Untuk Pembangunan Panti Asuhan

Sebenarnya untuk masalah anak-anak terlantar negara mempunyai tanggung jawab dalam mengurusnya seperti yang tertuang dalam UUD 1945, pasal 34 disebutkan bahwa “Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara.”

Namun penanganan masalah ini banyak dilakukan oleh panti asuhan yang dikelola berbagai yayasan. Mereka berdikari dalam mencari dana.

  1. Berdonasi Untuk Pengadaan Air

Usman Bin Affan pernah memberli sumur orang Yahudi untuk kepentingan ummat Islam. Saat itu, sedang terjadi musim paceklik, air satu-satunya yang mengalir hanya dari sumur milik Yahudi dan ia jual kepada ummat Islam.

Usman kemudian membelinya lalu menggratiskannya untuk semua orang. Sekarang sumur tersebut telah berusia 1400 tahun dan masih berfungsi hingga saat ini.

  1. Berdonasi Mushaf Al-Qur’an Untuk Pesisir

Banyak sekali keutamaan orang yang membaca Al-Qur’an, terlebih di bulan Ramadan. Namun tidak semua orang punya dan tidak di semua masjid teredia mushaf Al-Qur’an untuk dibaca, khususnya di wilayah-wilayah pelosok pesisir yang jauh dari Kota.

Program tebar Al-Qur’an adalah salah satu metode dakwah di pesisir agar para nelayan dan keluarga bisa kembali dekat dengan Al-Qur’an. Partisipasimu ketika berdonasi untuk pengadaan Al-Qur’an, juga sekaligus berkontribusi menghidupkan kembali taman-taman pengajian Qur’an di pesisir.

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920