fbpx
3 Cara Menolong Indonesia Dari Hal Sederhana

3 Cara Menolong Indonesia Dari Hal Sederhana

Kegiatan sosial berkembang sangat pesat di Indonesia. Semangat gotong royong untuk membantu sesama sesuai dengan karakter bangsa Indonesia yang dikenal dermawan.

Apresiasi dan pengakuan terhadap tingginya tingkat kedermawanan Indonesia datang dari dunia internasional. World Giving Index yang dirilis oleh Charity Aid Foundation, menobatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia.

Ada 3 jenis kontribusi masyarakat Indonesia terhadap kepedulian sosial:

Pertama, ide atau pikiran. Melalui ide atau pikiran yang kreatif kamu dapat membuat sebuah kegiatan sosial yang sumbangannya tidak berbentuk materi secara langsung.

Ada beberapa contoh kegiatan sosial yang tercetus berkat ide kreatif anak muda, salah satunya kegiatan menyumbang dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Contoh kegiatan yang paling sering dijalankan adalah dengan bekerjasama dengan content creator seperti YouTuber atau selebgram.

Dengan konten yang menarik kita dapat menarik pengunjung untuk meningkatkan pendapatan iklan dari konten yang dilihat atau diimainkan. Pendapatan tersebut dapat disisihkan untuk disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kedua, donasi uang atau materi. Manfaat donasi adalah ikut andilnya kita untuk membantu orang lain yang kesulitan. Mereka yang mendapat bantuan tidak tahu bantuan tersebut dari siapa, mungkin tahunya dari lembaga, tetapi Allah tahu dan mencatat orang-orang dermawan dibalik layar yang mendonasikan dana bantuan.

Donasi tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu manusia yang kesusahan atau mengalami musibah. Seperti untuk membantu korban bencana alam, korban perang, kemiskinan yang masih banyak dialami oleh masyarakat-masyarakat pedalaman.

Ketiga, tenaga. Jika kamu tidak memiliki ide dan materi untuk disumbangkan, kamu dapat berkontribusi dalam bentuk tenaga. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah bergabung dengan lembaga sosial di Indonesia dan terjun langsung ke lapangan untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hal ini dilakukan oleh banyak orang, seperti yang terlihat saat terjadi bencana di Lombok atau Palu. Banyak orang yang mengajukan diri untuk bisa datang ke lokasi bencana dan membantu proses evakuasi hingga pemulihan pasca bencana.

Kontak

Telp. +62 822 9861 5000

Email. niatbaiksinergi@gmail.com

Media Sosial

Facebook. Niat Baik Sinergi

Instagram. TemanAksiBaik

Alamat

Plaza Kuningan, Menara Selatan, Lt. 11, Jl. HR. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12920